Umpan Mancing Bawal Tidak Jitu

Umpan Mancing Bawal Tidak Jitu, dari judul postingan saya kali ini pasti anda berkomentar.....gak..jitu kok diceritain.Hanya sekedar bercerita tentang pengalaman pribadi saya,kisah suka dan duka mancing bawal.

ikan bawal

Namanya hobi susah walau galau tidak Strikee....alias BAGONG,istilah para pemancing kalau saling ledek karna belum dapat ikan,tetep aja setiap seminggu sekali dateng ke pemancingan dengan harapan kali ini pasti strike.Saya tetap yakin mancing itu ilmu dasarnya adalah YAKIN.

Tapi tidak hanya yakin, yang namanya mancing pasti butuh alat dan saya tidak akan bercerita tentang itu...mas broo agan2 pasti sudah paham apalagi pemancing mania.

Memancing pasti butuh umpan,dengan segala cara cari informasi dari temen yang suka mancing terutama pemancing ikan bawal,nanya juga sama si mbah yg suka ketemu di empang,kurang puas tanya sama si mbah google.

ketik di kolom pencarian : UMPAN JITU MANCING BAWAL
woiii....banyak banget artikel yang bahas tentang umpan mancing ikan bawal dari yang alami sampai buatan alias racikan sendiri, saya sendiri gak paham namanya .
Di antara umpan bawal itu :

  1. cacing kalung,cacing yang agak besar ukurannya di bandingkan dengan cacing tanah yang berwarna merah,cacing kalung berwarna coklat kehitaman dan sedikit mengkilat dagingnya lebih kuat tidak gampang robek ,jarang sekali ada yang jual,saya cari sendiri di kebun,yang banyak dekat kandang ternak,kandang kambing atau sapi.Jenis cacing ini bisa banyak juga di cari orang untuk obat typus tuh gan....sampai ada yang sudah jual jadi bentuk cair...waduuhhhh malah cerita cacing

  • cacing merah banyak yang jual karna cacing jenis ini di ternak 3000an satu tempat gelas plastik isinya tau dah berapa ekor

  • cingkilung,ulat yang ada didalam bambu ,gampang yang jual juga ada  harganya 4000an satu bambu
  •  ulat jerman sama kayak ulet hongkong cuma agak besar

  • jangkrik
  • orong orong,biasanya ada di sekitar tanah lembab dicomberan atau got
  • laba laba besar
  • tawon 
  • ulet pisang yang bagus yg jadi kepompong
  • ulet pohon mengkudu alias pohon pace
  • keong sawah
  •  usus ayam ,hati ayam,tempe,tahu,nasi,(menu warteg nih...)
wahhh.... banyak gan ,belum lagi dari yg buah.....buah cery,nangka,mangga,jambu batu....

Belum lagi yang umpan buatan ...ada yang sudah siap pakai...beli di tk,makanan burung atau toko pancing pasti ada dengan berbagai macam merk.
yang paling sering orang pakai umpan kuning... susu formula campur kuning telor.Masih banyak lagi ..sampai saya pusing coba pakai umpan apa...????Kesimpulan saya ikan bawal adalah ikan kemaruk alias rakus apa aja disikat.

Satu persatu jenis umpan yang di atas saya coba.....Jrengggggg...strikeeee broooo
Umpan Mancing Bawal Tidak Jitu
umpan dengan cacing kalung jitu ,berikutnya strikeee again....umpan dengan kepompong jitu....gk lama lagi..gentakkk brooo....umpan kuning telor jitu.......cacing merah pun disikat....

al hasil dapat 4 ekor ....1 kg isi 2 ekor ....saya mancing bawal  harian...gan....itu juga saya senang bingittt....sensasi strike ikan bawal memang manteb...ikan bawal ukuran 1kg isi 4 pun galak tarikannya.....

minggu berikutnya saya mancing di empang yang sama dengan umpan yang sama......hampir saya di ledekin Bagong.....
jam 4 sore strikeee dengan umpan cacing merah......cuma 1 ekor
lelah tidak ada pergerakan...saya pun protes ma si mbah yang kasih info umpan jitu bawal
....dengan nada santai dia jawab....yang pakai umpan cacing,kuning telor,jangkrik  itu,...bukan cuma kamu aja , pemancing lain pun sama liat aja tuh....IKAN JUGA BOSENLAH  menu makanan nya itu itu terusss.......

ohhhh...ikan bawal juga bosenan toh mbah....

Minggu berikutnya saya cari umpan yang sulit didapat...yaitu kepompong ulat pisang, karna jenis umpan ini sifatnya musiman dan di jakarta sudah agak sulit cari pohon pisang andai ada belum tentu juga ada uletnya....singkat cerita strikeeee dengan umpan itu
lihat video ini :








dari pengalaman mancing ikan bawal yang saya alami dapat di simpulkan bahwa ikan bawal termasuk ikan ganas pemakan segala baik yg alami seperti serangga maupun jenis cacing ,umpan buatan,beberapa jenis buah.
Dan kebiasan ikan bawal yg suka bergerombol ,makanya pas  kita dapat ikan pasti pemancing lain juga ikut melempar ditempat yang sama dengan harapan kailnya pun ikut dimakan kawanan bawal itu.

berarti kita pun harus cerdik alias gak tau malu kalu ada yang strikee ya tiban ja...heeee
dan harus tau spot-spot mana di empang itu yang sering ikan makan ya di situ pumbul kail kita lempar.

yang jelas beda empang beda spot dan terkadang juga beda umpan yang sering orang dapat di situ.
Umpan Mancing Bawal Tidak Jitu

Umpan Mancing Bawal Tidak Jitu

  beda lagi dengan mancing bawal kiloan ..karna jumlah ikannya banyak ya apa aja yg nyemplung pasti disikat saya coba pakai gorengan bakwan,cireng pun di hajar.

Ada beberapa faktor ikan bawal tidak mau makan diluar karna faktor umpan tadi, bisa jadi ikan bawal yang dimasukan ke kolam pemancingan kurang sehat alias sakit, biasanya ikan sering mengambang dipermukaan air.
Keadaan suhu air yang tidak bagus karna pergantian suhu yang terlalu cepat atau air empang terkena pencemaran limbah.
Biasanya ikan bawal banyak makan umpan di pagi hari,ketika suhu air dan lingkungan sekitar nyaris sama, bisa juga karna ikan butuh sarapan pagi gan....heeeeee

Kurang lebih demikianlah cerita pengalaman saya pribadi tentang 
MANCING IKAN BAWAL dengan berbagai macam umpan.
salam STRIKE..........     




 

0 Response to "Umpan Mancing Bawal Tidak Jitu"

Posting Komentar